Hal-Hal yang Diperlukan untuk Mempersiapkan “The New Normal”

0
Diunggah 06 June 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Hal-Hal yang Diperlukan untuk Mempersiapkan “The New Normal”

Pemerintah Indonesia mengumumkan implementasi new normal akan dijalankan oleh sejumlah daerah dalam waktu dekat. Pemerintah menjelaskan bahwa aktivitas-aktivitas produktif dalam rangka mempertahankan kinerja masyarakat bisa kembali dijalankan tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Beberapa perusahaan juga sudah meminta karyawannya untuk kembali masuk kantor dalam waktu dekat. Lalu, apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk menjalani kehidupan The New Normal ini?

1. Masker

Masker adalah alat paling vital yang perlu kamu gunakan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum dan kantor karena alat ini mencegah droplet masuk ke hidung dan mulut. Masker kain yang banyak dijual di toko bisa kamu jadikan pilihan. Masker kain ini juga memiliki efektivitas yang sama dengan masker bedah jika digunakan dengan tepat. Sebaiknya kamu membeli lebih dari satu masker agar bisa menggantinya setelah kotor.

2. Hand Sanitizer

Hand sanitizer diperlukan jika kamu tidak menemukan tempat cuci tangan dengan sabun seperti di dalam bus atau kereta. Beli hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen karena produk dengan persentase alkohol di bawah itu tidak mampu membersihkan tangan dari virus dan bakteri secara efektif.

3. Kacamata atau Face Shield

Kamu bisa menggunakan face shield sebagai pelengkap perlindungan wajah saat berada di transportasi umum. Face shield dapat melindungi mata dari droplet penyebab virus dan partikel berbahaya lainnya. Kalau kamu tidak ingin menggunakan face shield, kamu bisa menggunakan kacamata biasa untuk memberikan mata perlindungan yang memadai dan mencegahmu mengucek mata.

4. Tisu Kering dan Tisu Basah

Tisu adalah barang penting untuk menjaga kebersihan barang-barang dan permukaan di sekitarmu. Tisu kering bisa digunakan untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan. Tisu basah bisa dipakai untuk membersihkan barang-barang dan permukaan seperti meja, dudukan toilet, dan lainnya.

Baca Juga : 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Penyebaran Corona Covid-19

5. Topi

Potensi virus corona bertahan di rambut memang kecil tetapi kamu tetap perlu melindungi rambut dengan topi. Penggunaan topi ini bisa mencegah kamu menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah. Penggunaan topi bisa mencegahmu menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah. Sebaiknya ganti topi setiap dua atau tiga kali sehari untuk menjaga kebersihan.

6. Peralatan Makan

Daripada menggunakan alat makan yang disediakan di kantor, sebaiknya kamu membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Peralatan ini bisa berupa sendok, garpu, dan tempat makan. Penggunaan peralatan makan sendiri dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari.

7. Uang Elektronik

Uang dapat menjadi tempat virus dan bakteri singgah. Semua jenis uang seperti uang kertas dan logam menjadi tempat bakteri bersarang. Meski belum ada bukti spesifik, tidak ada salahnya kamu tetap berhati-hati. Sebagai alternatif pembayaran, kamu bisa menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran sementara seperti stasiun, halte, atau tempat lainnya.

Last Updated on June 08, 2020

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 06 June 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya