Slugging, Tren Skincare Korea yang Kontroversial Untuk Melembapkan Kulit

Healthy Skin, Trend - rustaviani - June 22, 2020

Tren perawatan kulit dengan berbagai teknik seakan tidak pernah ada habisnya. Setelah dunia skincare kemarin sempat dihebohkan dengan honey skin, kini teknik slugging juga sedang populer di Korea. Jika melihat namanya slugging biasanya identik dengan siput, tetapi teknik yang satu ini sama sekali tidak menggunakan siput. Simak manfaat slugging dan penjelasannya di bawah ini.

Slugging, Cara Unik Mengatasi Kulit Kering

Tren slugging ini populer di Korea ketika musim dingin tiba. Musim dingin membuat kulit menjadi kering dan bersisik, maka beberapa skincare experts menciptakan teknik baru yang bernama slugging. Meski namanya slug, tekni ini tidak menggunakan siput seperti namanya. Teknik slugging hanya menggunakan satu buah produk skincare, yaitu petroleum jelly. Untuk melakukan teknik ini, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengoleskan lapisan tebal petroleum jelly pada wajah.

Cara Melakukan Slugging Pada Wajah

Proses teknik slugging ini sebenarnya sederhana. Kamu hanya perlu menjalani rutinitas perawatan kulit setiap malam seperti biasanya, lalu melapisi semuanya dengan petroleum jelly. Saat musim dingin kulit akan selalu kering dan kehausan, maka petroleum jelly ini akan mengunci kelembapan pada kulit sebanyak mungkin. Petroleum jelly ini akan menciptakan penghalang yang mengunci kelembapan dan membantu formula skincare semakin meresap. Jadi, gunakan teknik slugging ini pada malam hari sebelum tidur sebagai penutup serangkaian skincare rutin.

Manfaat Teknik Slugging

Teknik slugging yang menggunakan petroleum jelly memiliki banyak manfaat untuk kulit. Manfaat yang pertama adalah mengobati jerawat. Petroleum jelly ini akan melindungi luka yang timbul pada permukaan kulit akibat jerawat dengan mengunci kelembapan pada kulit yang terluka. Hal ini akan mempercepat proses penyembuhan kulit sekaligus membuat kulit di sekita luka menjadi lebih lembut.

Manfaat teknik slugging yang lain adalah melembapkan kulit. Umumnya, petroleum jelly ini memiliki wujud putih bening dari parafin dan berminyak. Petroleum putih dimanfaat untuk melembapkan kulit. Penggunaan petroleum ini dapat melembapkan kulit dengan mengatasi kondisi kulit kering yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Petroleum jelly ini akan membentuk lapisan minyak yang menghambat terjadinya proses penguapan air pada permukaan kulit.

Baca Juga : Tips Agar Skincare Lebih Menyerap ke Dalam Kulit

Kontroversi di Balik Teknik Slugging

Setelah teknik ini menjadi populer, cukup banyak wanita yang penasaran dan mencobanya. Ada yang menyebutkan bahwa slugging membuat kulitnya terasa sangat lembut, halus, dan lembap saat bangun tidur, bahkan teknik ini membantu mengurangi kemunculan jerawat pada wajahnya. Teknik slugging mungkin dapat bekerja dengan efektif karena petroleum jelly bersifat occlusive. Sifat occlusive artinya petroleum jelly mampu menciptakan lapisan pada kulit dan mengunci kelembapan. Jika kamu bertanya-tanya apakah teknik ini akan membuat bantal lengket, menurut beberapa wanita yang telah mencoba teknik ini, petroleum jelly akan terserap pada kulit dan tidak meninggalkan residu pada bantal.

Namun, jika mengingat bahwa petroleum jelly memiliki sifat occlusive yang dapat mengunci kelembapan agar tetap berada di dalam kulit, pada saat yang sama, petroleum jelly juga bisa mengunci kotoran, minyak, atau keringat pada kulit. Karena kekhawatiran ini, teknik Slugging pun menuai kontroversi dari beberapa pihak termasuk Naomi Fenlin, skin care specialist dari Philadelphia. Dia menyebutkan bahwa petroleum jelly ini sama sekali tidak memiliki manfaat untuk kulit. Petroleum jelly dianggap aman jika dioleskan pada tubuh bagian luar, namun kamu perlu berhati-hati pada penggunaan di sekitar hidung karena bisa menyebabkan terhirupnya gel atau sebagian substansi lipid ke dalam sistem pernapasan. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kondisi ini bisa membahayakan karena berisiko menyebabkan gangguan serius pada paru-paru, yaitu pneumonia lipid atau penyakit yang disebabkan adanya timbunan lemak di alveoli yang bisa mengakibatkan nyeri dada, batuk, dan napas pendek.

Mengingat kondisi kulit setiap orang yang berbeda maka tidak heran bila review teknik ini juga berbeda-beda. Tidak ada patokan khusus apakah teknik ini akan berhasil pada semua kulit. Maka dari itu kamu bisa menggunakan produk skincare yang lebih aman dari Avoskin. Semua produk Avoskin diformulasikan aman untuk semua jenis kulit dengan menggunakan bahan alami. Nah, bagaimana pendapat kalian akan teknik ini?

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *