7 Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

0
Diunggah 29 November 2021

Malwa

Copy Writer
0
LikeSkincare

7 Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Apa saja ya kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak? Yuk simak cara memperbaiki skin barrier ini!

Skin barrier memiliki peranan penting untuk menghindari berbagai permasalah kulit. Jika skin barrier rusak, jerawat akan lebih mudah muncul dan permukaan kulit akan terasa lebih kasar. Penyebab rusaknya lapisan terluar kulit ini bermacam-macam loh, mulai dari cuaca yang terlalu lembap, eksfoliasi berlebih bahkan karena kurang tidur dan stress.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keriput di Dahi dengan Produk Skincare

Apa itu Skin Barrier?

Skin barrier adalah bagian terluar dari kulitmu sebagai garis depan benteng pertahanan melawan zat kimia yang bisa saja beracun dan bakteri berbahaya yang dapat meresap ke dalam kulit. Dengan skin barrier yang sehat, zat dan bakteri tersebut dapat dicegah masuk ke dalam kulit yang bisa mendatangkan bahaya bagi kulit bahkan tubuhmu apabila skin barrier tidak sehat.

Meskipun skin barrier adalah struktur yang sangat rapuh, garis pertahanan ini menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Namun karena kerapuhannya ini, skin barrier sangat mudah rusak dan kehilangan fungsinya

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Berikut adalah kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier:

Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

1. Linoleic Acid

Zat Linoleic Acid adalah salah satu kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier. Linoleic acid merupakan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kandungan ini merupakan senyawa baik yang mengandung omega-6. Kulit manusia sendiri tidak bisa memproduksi secara alami essential fatty acids ini. Tetapi, kandungan di dalam skincare atau makanan bisa menggantikannya.

Dengan memiliki cukup kandungan linoleic acid, skin barrier yang rusak dapat perlahan kembali membaik. Selain itu kandungan ini dapat meredakan jerawat serta melembabkan kulit. Untuk kamu yang masih ragu, kandungan ini cocok untuk semua jenis kulit dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

2. Ceramide

Cermaide Menjadi salah satu kandungan yang baik untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Ceramide sendiri adalah satu dari banyaknya jenis asam lemak yang ada di dalam sel kulit. Kandungan ini terbuat secara alami dan membentuk sebanyak 50% epidermis kulit. Walaupun dapat diproduksi secara alami, jumlah ceramide yang dibutuhkan kulit ternyata lebih banyak dari yang bisa diproduksi oleh tubuh, apalagi dengan usia yang terus bertambah.

Baca Juga : Berikut Ciri-ciri dan Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Fungsi utama ceramide adalah memberikan kelembaban dan memberikan perlindungan pada lapisan kulit terluar. Maka dari itu, ceramide adalah kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier. Asam lemak ini juga menjaga keseimbangan air pada kulit sehingga kulit akan lebih sehat dan terhindar dari iritasi.

3. Panthenol

Kerutan dan tanda-tanda penuaan diri juga dapat teratasi ketika kamu rajin menggunakan skincare dengan kandungan ini. Untuk hasil yang lebih baik kamu bisa memadukannya dengan skincare dengan kandungan peptide atau retinol.

Kandungan panthenol untuk skin barrier dapat dengan mudah mengikat air dan membuat kulit lembab dan elastis. Panthenol menjadi salah satu kandungan yang dicintai oleh semua jenis kulit karena efeknya yang memberikan kelembaban. Terbuat dari asam pantotenat atau vitamin B5, zat kimia ini memiliki banyak nama โ€˜bekenโ€™ lainnya seperti butanamide atau dexpanthenol.

Baca Juga : Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier Review Your Skin Bae Mugwort + CICA Toner dan Serum

Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

4. Hyaluronic Acid

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa hyaluronic acid dapat membantu memberikan kelembaban yang maksimal pada kulit. Oleh karena itu, hyaluronic acid adalah kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier. Menjadi kandungan yang sedang beken di kalangan pecinta skincare, hyaluronic acid sendiri dikenal juga dengan sebutan asam hialuronat.

Sama seperti kandungan ceramide, ia juga diproduksi secara alami oleh tubuh. Tetapi seiring bertambahnya usia, kulit memerlukan zat humektan alami buatan. Manfaat penggunaannya sangat banyak mulai dari melembabkan kulit, mengurangi kerutan, dan tentunya dapat memperbaiki skin barrier. Tetapi, bagi beberapa orang kandungan ini akan memicu reaksi alergi, kemerahan bahkan gatal-gatal.

Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

5. Colloidal Oatmeal

Oatmeal identik dengan makanan yang kaya serat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sama halnya dengan Colloidal Oatmeal, kandungan ini juga memiliki segudang manfaatnya untuk kulit. Terbuat dari oatmeal yang sudah dihaluskan, kandungan yang satu ini dapat digunakan sebagai pelindung kulit dari inflamasi.

Karena seratnya yang tinggi, kemerahan dan iritasi juga dapat diatasi dengan baik. Kandungan ini mudah ditemui dalam sincare dengan bentuk gel atau bubuk. Karena itulah, ia akan lebih mudah menyerap dan efektif bekerja pada kulit yang kering.ย ย 

6. Squalane

Squalane dipercaya dapat mengatasi banyak permasalahan Kesehatan seperti mencegah penyakit kardiovaskuler, menurunkan kolesterol jahat dan lain sebagainya. Berasal dari tumbuh-tumbuhan, kandungan ini memiliki antioksidan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Ia dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan menghalangi efek buruk dari sinar matahari. Selain itu kandungan ini dapat membuat kulit lebih halus dan cerah.

Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

7. Niacinamide

Dikutip dari healthline.com, niacinamide membantu memperbaiki skin barrier dengan cara membentuk keratin, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Kandungan ini juga dapat membantu terbentuknya ceramide alami dari kulit dimana ceramide merupakan senyawa lipid yang menjaga skin barrier.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Ceramide dan Manfaatnya untuk Kulit

Nah, itu dia kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier. Untuk kamu yang ingin memperbaiki dan menjaga skin barrier, coba cek deh di dalam jajaran skincare kamu sudah ada belum kandungan-kandungan tersebut. Kalau belum, yuk segera beralih dan temukan skincare dengan kandungan yang cocok dengan tipe kulit kamu!

Last Updated on April 04, 2022

Ditulis Oleh

Malwa

Copy WriterDiunggah 29 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya