Sering Kerja Lembur? Ini Caranya Agar Tetap Sehat dan Bugar

Life - rustaviani - May 9, 2020

Banyaknya pekerjaan yang harus selesai dalam satu waktu, terkadang menuntutmu untuk bekerja lembur. Hal ini tentu akan membuat tenaga dan pikiranmu jauh lebih terforsir, dan menyebabkan badan menjadi rentan dihinggapi rasa lelah bahkan penyakit. Dengan menerapkan tips lembur di bawah ini, kesehatanmu akan tetap prima, hasil pekerjaan pun akan semakin sempurna!

1. Siapkan Air Putih

Pada malam hari, tubuh akan cenderung lebih cepat lelah. Terlebih lagi, jika sejak pagi kamu sudah melakukan banyak aktivitas. Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang seharian, kamu harus banyak mengkonsumsi air putih, ya!

Air putih sangat berperan untuk menstabilkan kondisi tubuhmu. Selain bisa membuat badan tetap segar, air putih juga dapat membuat konsentrasimu terhadap pekerjaan menjadi lebih terarah. Selalu siap sedia air putih di meja kerjamu, yuk!

2. Atur Waktu Tidur

Lembur tentu akan membuat waktu tidurmu berkurang. Namun, bukan berarti kamu mengabaikan waktu istirahatmu. Tetap miliki waktu istirahat yang cukup, terutama tidur minimal 6 jam dalam sehari.

Pastikan kamu juga memiliki tidur yang berkualitas, artinya, kamu bisa tidur dengan nyenyak tanpa adanya gangguan sedikitpun, sekalipun dari pekerjaan. Begitu juga dengan posisi tidur yang baik untuk meregangkan otot-otot tubuh yang bekerja seharian.

3. Asupan Gizi yang Tercukupi

Kelelahan dan kurang tidur tentu dapat membuat kondisi tubuh menjadi rentan diserang penyakit. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa mengkonsumsi makanan kaya serat agar oksigen dan cairan di dalam tubuh tetap dalam keadaan baik.

Pastikan kamu selalu makan secara teratur pada waktu dan porsi yang tepat. Hindari mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi terlalu banyak, karena ini akan membuatmu cepat mengantuk. Perbanyak konsumsi protein, buah-buahan, serta sayuran agar kondisi tubuh tetap bugar. Jangan lupa, lengkapi dengan vitamin kapsul untuk menjaga stamina tubuh.

Baca Juga : Susah Tidur Malam? Cegah Insomnia Dengan Cara Ini!

4. Hindari Kafein

Saat lembur, justru kamu harus mengurangi konsumsi kafein. Zat kafein pada kopi atau minuman energi memang akan memberi tenaga ekstra dan mengurangi rasa kantuk. Tapi, zat kafein yang berlebihan justru akan berdampak buruk pada tubuh kamu, dan menyebabkan pola tidur menjadi tidak normal.

Sebaiknya, gantilah minumanmu dengan jus buah, susu, atau minuman sehat lainnya. Ini akan lebih baik dibandingkan kamu harus mengkonsumsi minuman kemasan dan minuman berkafein.

5. Lakukan Aktivitas Fisik

Saat pikiran mulai jenuh menghadapi segudang pekerjaan yang harus segera diselesaikan, lakukanlah aktivitas fisik setiap 20 menit sekali. Alihkan matamu dari layar komputer dan smartphone dan pejamkan sejenak. Berdirilah dari duduk, dan lakukan gerakan-gerakan ringan untuk membuat otot tubuh menjadi lebih rileks.

Langkah ini juga sebaiknya dilakukan saat bekerja di siang hari, untuk menjaga kesehatan mata, pikiran, dan tubuh. Solusi terbaiknya, tetap lakukan olahraga secara rutin setiap pagi, ya!

6. Tetap Bersantai di Akhir Pekan

Ingat, tubuhmu tetap berhak memiliki waktu untuk beristirahat. Untuk itu, manfaatkan akhir pekan sebagai momen relaksasi untuk pikiran dan diri. Setiap orang memiliki cara bersantai yang berbeda-beda. Intinya, beristirahatlah dengan cara terbaik agar semangat dan staminamu bisa terisi kembali sepenuhnya.

Meskipun lembur, menjaga kesehatan tubuh tetaplah yang utama. Demi terciptanya kulit yang bersih dan terawat, tubuh pun juga harus sehat. Ayo, pancarkan pesona cantik alami dalam dirimu dengan semangat!      

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *