Punya Kulit Berminyak? Ikuti 4 Langkah Supaya Makeup Tahan Lama

Makeup - rustaviani - April 9, 2020

Bagi pemilik kulit berminyak seringkali menghadapi masalah makeup yang bisa tiba-tiba luntur. Kalau sudah begitu, apa yang akan kamu lakukan?  

Tenang, meski memiliki kulit berminyak, kamu tetap bisa mengusahakan agar makeup tahan lama. Baca sampai habis artikel di bawah ini untuk jawabannya!

1. Makeup Primer

Sebelum mengaplikasikan make up pada wajah, kamu wajib gunakan primer terlebih dahulu terutama pada  T-wajah atau T-zone yang memamg menjadi bagian yang paling sering berminyak. T-zone terletak pada bagian dahi, hidung, pipi, dan dagu. Supaya hasilnya matte dan flawless, sebaiknya kamu pilih primer yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak, dengan menggunakan primer jenis ini pastinya make up kamu akan lebih tahan lama.

Kamu juga harus menghindari penggunaan concealer sebagai primer pada mata karena hal ini bisa menyebabkan creasing yang justru mebuat matamu tampak tebal. Akan lebih baik kamu menggunakan primer yang memang dikhususkan untuk mata, jadi primer ini akan menyerap minyak yang menyebabkan creasingpada mata sepanjang hari sehingga riasan pada mata akan bertahan lebih lama. Pastinya kamu wajib membersihkan wajah dahulu sebelum menggunakan primer.

2. Facial Wash untuk Kulit Berminyak

freepik.com

Sangat penting untuk mencuci muka sebelum mengaplikasikan make up ke wajahmu karena itu akan menghilangkan minyak dan kotoran di wajahmu. Jadi mencuci muka dengan facial wash khusus akan menghilangkan minyak di wajah yang akan membuat makeup kamu lebih bertahan lama. Saat ini sudah banyak brand yang membuat produk facial wash khusus untuk kulit berminyak. Selain aman produk ini biasanya lebih tahan lama pada kulit berminyak yang cenderung lembab. Cara membedakan produk oil free dengan yang lainnya cukup melihat label oil free di kemasannya.

3. Gunakan Moisturizer

Meskipun kamu punya kulit berminyak bukan berarti wajah kamu tidak butuh pelembab. Moisturizer juga sangat penting untuk kulitmu agar tidak memproduksi minyak berlebih. Sama seperti kulit kering atau normal, kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembab. Hal ini dikarenakan ketika kulit tidak diberi pelembab lapisan dermis akan terus memproduksi sebum atau minyak sehingga wajah kamu akan semakin berminyak. Lebih baik kamu gunakan pelembab yang berbahan dasar air seperti gel atau lotion yang ringan agar wajah tidak terlihat berminyak.

4. Blotting Paper

freepik.com

Ketika wajah kamu mulai berkeringat dan terlihat mengkilap, jangan buru-buru menambahkan lapisan bedak pada wajah.  Bedak yang diaplikasikan pada wajah berminyak bisa menyebabkan olesan bedak tidak merata. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan blotting paper atau kertas yang memang khusus untuk menyerap keringat pada wajah. Jadi, kamu wajib selalu membawa kertas minyak karena ini solusi paling mudah untuk masalah wajahmu yang berkeringat. Cara yang tepat adalah kamu menekan secara perlahan kertas minyak itu di area yang berminyak agar kamu tidak perlu melakukan touch up lagi.  Jadi kamu tidak perlu khawatir memiliki tipe kulit berminyak dengan hal-hal simpel tadi kamu bisa tampil cantik lebih lama. So, happy trying!

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *