Manfaat Chamomile untuk Kulit dan Tubuh

Healthy Skin - rustaviani - April 3, 2020

Bunga chamomile yang cantik ini ternyata mempunyai manfaat untuk kulit dan tubuh. Lalu, apa saja sih manfaatnya? Simak penjelasannya di sini ya!

Bunga chamomile ini sudah menjadi obat alami yang efektif dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad lalu. Chamomile ini berupa bunga kuning dan putih yang berukuran kecil dan harum. Olahan dari bunga ini sering digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Lalu, apa saja sih manfaat chamomile untuk kulit dan tubuh?

1. Mencegah Efek Buruk Radikal Bebas

Chamomile yang kaya antioksidan berfungsi melawan ancaman radikal bebas. Nah, kamu bisa mencegah kerusakan kulit dengan menggunakan chamomile sebagai masker. Chamomile juga membantu melawan bakteri dan kuman sehingga mampu mencegah jerawat.

2. Mengatasi Lingkaran Hitam Area Mata

Teh chamomile bisa mengurangi kantung mata yang menghitam. Kamu bisa mencelupkan dua kantong teh chamomile ke air panas selama 5 menit lalu angkat dan diamkan beberapa saat hingga dingin. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air dingin. Matamu akan terasa lebih rileks dan mata panda tersamarkan.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Kandungan anti inflamasi pada chamomile mampu mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak chamomile lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Baca Juga : Kurangi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Wajah Terhindar dari Jerawat

4. Mencerahkan Kulit

Chamomile bisa digunakan sebagai pemutih kulit. Bunga chamomile dapat digunakan untuk cleansing dan melembapkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang kuat akan menunda penuaan dini.

5. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah reaksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Kandungan yang terdapat dalam chamomile ini dapat mengurangi peradangan. Namun, peradangan jangka panjang dengan berbagai masalah kesehatan seperti radang sendi, wasir, dan gangguan autoimun.

6. Mengatasi Ketombe

Kulit kepala yang kering dan tidak terawat akan menimbulkan ketombe. Ketombe ini akan membuat kulit gatal dan rambut mudah patah. Campurkan beberapa tetes minyak chamomile dengan kondisioner, lalu aplikasikan ke rambut setelah keramas. Nah, cara ini akan menghidrasi kulit kepala dan mengurangi iritasi.

Itu dia beberapa manfaat chamomile yang akan kamu dapatkan. Selain berguna untuk kecantikan kulit, kandungan chamomile ini bermanfaat untuk tubuhmu juga. Sudah mencobanya belum nih?

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *