Kandungan Produk Skincare Berikut Ini Tidak Boleh Digunakan Secara Bersamaan Agar Terhindar dari Iritasi Kulit

Healthy Skin - rustaviani - July 14, 2020

Banyak orang yang memakai rangkaian skincare tanpa melihat kandungan di masaing-masing produk skincare. Kandungan di setiap produk tentunya berbeda dan ada yang bisa digunakan secara bersamaan atau tidak. Penting untuk kamu teliti terlebih dahulu skin care yang akan kita pakai apakah kandungannya dapat dicampur pada kandungan skin care lainnya, karena terkadang ada kandungan dalam skin care yang sebenarnya tidak boleh digunakan bersamaan.

1. Acne Treatment dan Exfoliant

Ada banyak ragam produk acne treatment yang beredar. Dua  kandungan dalam acne treatment yang sering kita temui adalah salicylic acid dan benzoyl peroxide. Di samping itu, bahan chemical exfoliate yang terkenal ampuh untuk melawan jerawat dan juga sering kita temui adalah AHA dan BHA. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat ada baiknya untuk tidak menggunakan produk-produk yang mengandung AHA, benzoyl peroxide, dan yang sejenisnya secara bersamaan karena dapat menyebabkan kulit kita menjadi iritasi. Jika kamu ingin menggunakan bahan-bahan tersebut (AHA, Benzoyl Peroxide) maka lebih baik jika kamu menggunakannya pada hari yang berbeda. Hal tersebut akan membantu kulit kamu untuk lebih dapat mentoleransi kandungan yang kamu gunakan supaya dapat menyerap dengan lebih baik.

2. Face Oil dan Hyaluronic Acid

Penggunaan Face Oil dengan Hyaluronic Acid perlu diperhatikan dengan baik agar dapat bekerja dengan baik. Hal ini tidak ditujukan hanya pada penggunaan Face Oil dengan Hyaluronic Acid saja tetapi pada tiap rangkaian skincare yang kita gunakan. Sebagai catatan, gunakan skincare yang memiliki tekstur produk paling ringan hingga ke yang paling berat. Contoh rangkaian yang disarankan : Toner – Essence/Serum – Moisturizer – Face Oil.

3. Vitamin C dan Acids

Tidak disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung vitamin C dengan produk yang mengandung AHA, BHA, dan Glycolic acid karena ph pada kulit kita dapat rusak atau tidak stabil. Jika pH pada kulit kita rusak atau tidak stabil, wajah kamu bisa saja menjadi iritasi dan rawan jerawat. Akan lebih baik jika kamu menggunakan produk yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E karena vitamin C bekerja untuk menutrisi kulit kamu sementara vitamin E bekerja untuk mencerahkan wajah.

4. Benzoyl Peroxide dan Retinol

Penggunaan kandungan Benzoyl Peroxide dengan Retinol dalam Hal ini dikarenakan kedua kandungan tersebut sama-sama bekerja untuk meregenerasi kulit secara cepat sehingga lebih disarankan untuk menggunakan kedua produk dengan kandungan Benzoyl peroxide dan retinol di hari yang berbeda. Misalnya, 3 malam menggunakan produk yang mengandung retinol, dan 1 malam menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide. Penggunaan kandungan Retinol dengan Hyaluronic Acid secara bersamaan dapat dikatakan akan bekerja dengan sangat baik karena retinol dapat membantu kulit wajah untuk regenerasi dengan cepat. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap pagi / siang dan selalu menggunakan moisturizer supaya kulit tetap lembab tidak peduli apapun jenis kulitmu.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *