Cegah Kulit Kering Saat Puasa dengan Melakukan 7 Hal Berikut Ini

Healthy Skin - rustaviani - May 17, 2020

Kekurangan cairan ini dapat pula menyebabkan kulit kering. Kulit yang kering sama sekali tidak terlihat cantik. Garis dan kerutan pada kulit akan terlihat dengan jelas karena kering dan tidak ada yang melindunginya dari sengatan panas matahari. Agar terhindar dari keadaan seperti ini, tentunya kamu harus bisa mencegahnya. Beberapa langkah sederhana bisa dilakukan untuk mencegah kulit kering saat puasa.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan cara paling sederhana untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang menyebabkan kulit menjadi kering. Kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan pada saat waktu berbuka puasa, sahur atau sebelum tidur. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam setiap harinya. Kamu bisa membagi waktu untuk minum. Jangan minum secara sekaligus karena akan membuat perut menjadi kembung. Apabila cairan dalam tubuh tercukupi maka kulit akan menjadi lembap.

2. Perbanyak Konsumsi Omega 3

Lemak omega 3 ini berperan dalam menjaga kulit dan membuatnya bersinar. Omega 3 merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga tubuh perlu untuk mendapatkannya dari makanan. Untuk mendapatkannya kamu bisa mengkonsumsi jenis makanan tertentu seperti ikan.

3. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak

Biasanya makanan berminyak seperti gorengan akan banyak ketika bulan Ramadhan. Namun, mengkonsumsi makanan berminyak justru sangat tidak disarankan ketika bulan puasa. Minyak akan membuat lebih cepat dehidrasi dan lebih banyak membutuhkan cairan tubuh. Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk menghindari makanan berminyak pada saat buka maupun sahur.

4. Kurangi Konsumsi Susu, Soda, dan Kafein

Terlalu banyak minum produk yang mengandung susu telah diketahui erat kaitannya dengan kemunculan jerawat. Selain itu, minuman berkafein dan bersoda juga diketahui dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga memiliki efek negatif bagi kulit. Fakta juga membuktikan bahwa soda hanya mampu diserap oleh tubuh sebesar 20-30%, sedangkan jus buah mampu diserap hingga 50-60%.

Baca Juga : Lakukan 4 Hal Ini agar Terbebas Dari Masalah Kulit Saat Puasa

5. Gunakan Pelembap

Melakukan perawatan kulit secara rutin perlu anda lakukan, terutama pada kulit wajah. Agar kulit tetap lembap dan tidak kering pada saat puasa, dianjurkan untuk mengaplikasikan pelembap pada kulit baik itu setelah selesai mandi atau sebelum tidur. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker wajah yang akan mencukupi kebutuhan vitamin. Dianjurkan untuk memilih masker alami yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

6. Lakukan Perawatan Kulit

Melakukan perawatan kulit dengan rutin bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kulit kering. Lakukan perawatan body scrub, sebanyak satu kali dalam seminggu. Gunakanlah scrub dengan butiran lembut dan mengandung vitamin E. Kandungan tersebut mampu membuat kulit lebih halus dan lembab. Beberapa scrub yang baik digunakan untuk menjaga kelembutan kulit yaitu scrub dari sari madu, zaitun dan alpukat.

7. Gunakan Skin Care Secara Rutin

Dengan penggunaan produk skin care secara rutin akan menjauhkanmu dari masalah kulit kering. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih produk skin care yang dapat melembapkan kulit seperti produk kecantikan dari Avoskin. Produk-produk dari Avoskin ini memang diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit. Kamu bisa terus menghidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence dari Avoskin agar kulit tetap lembap sepanjang hari meski sedang berpuasa.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *