Apakah Vitamin C Bisa Digunakan Bersama Niacinamide? Simak Penjelasannya Di Sini

Healthy Skin - rustaviani - October 24, 2020

Banyak orang yang beranggapan bahwa vitamin C tidak aman digunakan bersama niacinamide. Beberapa orang mengatakan bahwa vitamin C dan niacinamide ini bahan kimia yang menyebabkan iritasi jika digunakan bersamaan. Padahal vitamin C bisa digunakan bersama niacinamide asalkan kamu memerhatikan beberapa hal. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Vitamin C dan Niacinamide

Niacinamide dan asam askorbat adalah bahan perawatan kulit yang bagus. Vitamin C ini tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam air, tetapi juga meningkatkan produksi kolagen di kulit yang dapat membantu mengurangi beberapa efek buruk yang disebabkan oleh paparan UV. Niacinamide adalah anti inflamasi yang baik untuk mengobati kondisi peradangan seperti jerawat dan terbukti meningkatkan pelembap alami di kulit. Kedua bahan ini sangat efektif untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit, tak heran jika banyak produk menggunakan bahan ini.

Vitamin C dan Niacinamide Menurut Beberapa Penelitian

Beberapa orang memang takut menggunakan vitamin C dan niacinamide bersamaan karena akan bertabrakan satu sama lain yang membuat kedua bahan ini tidak efektif. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C adalah bahan yang sulit untuk diolah, hal ini membuat vitamin C harus diformulasikan dengan tepat.

Banyak artikel mengklaim bahwa niacinamide dan vitamin C memang sulit untuk digabungkan. Hal ini diungkapkan oleh banyak penelitian dari lebih 40 tahun yang lalu. Studi menunjukkan ketidakcocokan antara niacinamide dan vitamin C karena mereka menggunakan bentuk kedua bahan yang tidak di stabilkan, sedangkan kedua bahan tersebut biasanya distabilkan ketika digunakan dalam formula kosmetik modern.

Niacinamide adalah bahan yang cukup kuat, cahaya dan udara tidak memiliki efek yang sama pada mereka seperti pada antioksidan seperti vitamin C. Niacinamide adalah produk yang diformulasikan pada pH yang mendekati netral. Vitamin C (asam askorbat murni), di sisi lain, paling baik digunakan di lingkungan ber-pH rendah (asam). Namun, asam nikotinat produk sampingan yang tidak diinginkan dari niacinamide dan vitamin C menjadi bermasalah hanya ketika niacinamide dan vitamin C digabungkan dalam lingkungan bersuhu tinggi untuk waktu yang lama.

Baca Juga : Ternyata Vitamin C Dapat Digunakan Bersamaan dengan Produk Lain. Apa Saja Sih?

Vitamin C dan Niacinamide Dapat Digunakan Bersamaan

Menggunakan Niacinamide dan Vitamin C secara bersamaan sebenarnya aman. Dua kandungan ini digunakan dalam satu produk atau dikombinasikan dari berbagai produk tidak masalah. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan khawatir akan ada efek samping dari dua kandungan ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau menggunakannya berbeda waktu seperti vitamin C di pagi hari dan Niacinamide di malam hari.

Manfaat dari campuran kedua bahan ini sangat banyak. Niacinamide adalah bahan pemutih kulit yang akan mengecilkan pori-pori kulit, menyamarkan garis halus dan kulit kusam. Sedangkan, vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit dari polusi serta mencerahkan wajah yang dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit.   

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *