Apa Sih yang Menyebabkan Munculnya Bintik Hitam Pada Wajah? Simak Yuk!

Beauty - rustaviani - August 11, 2020

Bintik hitam pada wajah memang sangat menyebalkan apalagi sulit dihilangkan. Perusahaan kecantikan selalu mengeluarkan produk untuk merawat masalah kulit yang satu ini seperti krim wajah atau produk lainnya. Namun, apakah kamu pernah bertanya sebenarnya apa yang menyebabkan bintik hitam ini? Nah, di bawah ini akan dijelaskan hal apa saja yang menyebabkan munculnya bintik hitam pada wajah.

Penyebab Kemunculan Bintik Hitam

Penjelasan sederhana dari kemunculan bintik-bintik hitam atau hiperpigmentasi adalah kelebihan melanin di kulit yang dapat aktif dengan cara yang berbeda. Penyebab paling umum dari munculnya bintik hitam ini adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari secara terus menerus tanpa perlindungan dari tabir surya menyebabkan bintik hitam. Paparan sinar matahari memicu produksi melanin pada kulit secara tidak merata, dan penumpukan itu menyebabkan bintik hitam pada permukaan kulit.

Penyebab lainnya adalah jerawat dan iritasi kulit seperti ruam, goresan, atau gigitan nyamuk. Jerawat menjadi salah satu penyebabnya karena jerawat dipencet bisa meninggalkan luka lalu menimbulkan bintik hitam. Salah satu reaksi tubuh terhadap luka adalah dengan memproduksi melanin secara berlebihan yang mengakibatkan bintik hitam pada wajah.

Peradangan dan Warna Bintik di Wajah

Setelah penyebab-penyebab bintik hitam tersebut membuat kontak dengan kulit, peradangan dimulai. Pada permukaan kulit mungkin terlihat dalam bentuk jerawat namun dibawah kulit terdapat melanosit yang merupakan sel pigmen di kulit. Nah, melanosit ini menghasilkan pigmen yang disebut melanosomes yang memberikan warna pada sel kulit.  Ketika sel kulit menjadi penuh dengan pigmen, kulit menjadi lebih gelap dan bintik hitam terbentuk.

Baca Juga : Ikuti 6 Cara Ini untuk Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Ukuran Bintik Hitam Berbeda-Beda

Bintik hitam bentuknya tidak selalu sama tergantung pada tingkat peradangan. Ini sebabnya para ahli perawatan kulit selalu menyarankan agar tidak memencet atau menggosok bintik hitam pada wajah, karena ini tidak hanya memperpanjang umur bintik hitam namun juga ukurannya. Selain itu, bintik hitam akibat paparan sinar matahari kronis bisa lebih besar dan dalam beberapa kasus bisa sangat besar.

Bahan untuk Mengatasi Bintik Hitam

Biasanya bintik hitam ini tidak akan terlihat sampai melanosit telah membuat kerusakan. Itu sebabnya pengobatan yang terbaik adalah dengan menunggu waktu untuk mengatasinya. Namun, pada saat yang sama kamu juga bisa melakukan perawatan menggunakan kombinasi produk pembersih hingga pelembap. Kombinasi bahan alami seperti ekstrak licorice, asam kohic, ekstrak bearberry, dan niacinamide sangat efekti untuk mengurangi bintik hitam pada wajah.

Meski dengan berjalannya waktu bintik hitam ini akan hilang sendiri namun memakan waktu hingga empat bulan. Nah, kabar baiknya jika kamu melakukan perawatan secara konsisten maka bintik hitam yang membandel ini akan memudar hanya dalam 14 hari.

Dengan perawatan yang rutin ini akan memperlambat produksi pigmen oleh melanosit. Peradangan pada kulit akan berkurang yang berakibat menurunnya aktivasi lebih lanjut dari melanosit. Akhirnya, pengelupasan kulit yang lembut sangat penting untuk mengangkat lapisan atas kulit mati yang menghasilkan kulit lebih cerah merata.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *