5 Alasan Olahraga Lebih Baik Dilakukan di Pagi Hari

Body Fit - Elisabeth - December 14, 2020

Kamu pasti sering mendengar kalau olahraga lebih baik dilakukan di pagi hari bukan? Sebenarnya apa sih alasannya? Padahal untuk kamu yang susah bangun pagi tentu lebih memilih untuk berolahraga di sore hari. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa olahraga di pagi hari bersifat lebih fleksibel dan membuat tidur lebih nyenyak. Lalu apalagi manfaatnya? Simak artikel di bawah ini, yuk.

1. Lebih Fleksibel

Waktu paling fleksibel untuk berolahraga adalah pagi hari sekaligus mengawali hari dengan hal yang positif. Jika kamu berolahraga di malam hari, cenderung sudah lelah karena beraktivitas. Hasilnya, olahraga di malam hari tidak akan semaksimal di pagi hari.

2. Hidup Lebih Sehat

Sehabis olahraga biasanya dirimu cenderung untuk menjaga pola makan. Otak akan terstimulasi untuk berproses sedemikian rupa menjadi lebih sehat dan teratur. Hal ini juga akan membuat jam tidur lebih teratur.

3. Tekanan Darah Turun

Berdasarkan Jurnal Kesehatan Vaskular dan Manajemen Risiko yang melakukan penelitian terhadap beberapa orang dengan jam olahraga yang berbeda membuktikan efek yang berbeda juga. Orang yang berolahraga pada jam 7 pagi, 11 siang, dan 11 malam memberikan dampak yang berbeda. Orang yang berolahraga jam 7 pagi, tekanan darahnya berkurang sebesar 10%. Tak heran jika orang bertekanan darah tinggi disarankan berolahraga di pagi hari.

Baca Juga : Konsumsi 9 Makanan Ini untuk Membantu Produksi Kolagen Dalam Tubuh

4. Lebih Bersemangat

Endorphin adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit dan meningkatkan rasa bahagia. Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan endorphin. Sehingga, kita merasa lebih senang dan semangat menjalani hari dan berpikir lebih positif.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Kalau kamu berolahraga di malam hari, suhu tubuh akan naik dan cenderung akan susah tidur. Padahal orang yang melakukan olahraga di jam 7 pagi terbukti dapat tidur lebih nyenyak dan lama dibandingkan dengan yang berolahraga lebih siang atau malam.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *