4 Hal yang Harus Dilakukan Agar Bekerja di Rumah Tetap Produktif

Life - rustaviani - April 1, 2020

Kamu masih bingung bagaimana caranya bekerja di rumah agar tetap produktif? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

Beberapa hari ini Indonesia dinyatakan tidak bebas dari virus Corona. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan beragam kebijakan untuk masyarakat. Mulai dari larangan adanya event berskala besar, social distancing, hingga sekolah diliburkan dengan anjuran belajar online. Selain itu, untuk mencegah penyebaran corona semakin luas, kantor diharapkan mulai memberlakukan working from home alias kerja dari rumah. Nah, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bekerja di rumah tetap produktif.

freepik.com

1. Tentukan Waktu Kerja

Kamu bisa menentukan kapan waktu bekerja dengan membuat jadwal yang harus dijalankan untuk membuat bekerja lebih efektif. Hal ini akan membuatmu lebih disiplin untuk menyelesaikan tanggung jawab. Selain itu, menentukan jadwal kerja akan menghindari dirimu untuk menunda pekerjaan. Pastikan agar keluarga tahu kalau kamu di rumah bukan untuk bersantai, tetapi pada jam tertentu harus melakukan pekerjaan kantor.

2. Set Tempat Kerja

Kamu perlu membuat area kerjamu saat di rumah. Kalau kamu tidak punya ruang kerja di rumah, kamu bisa membuat meja makan menjadi area yang nyaman untuk bekerja. Kalau kamu kesulitan menyesuaikan area kerja karena memiliki anak atau anggota keluarga lainnya, kamu bisa mengatur waktu yang sesuai untuk menggunakan suatu ruangan.

Baca Juga : Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Bekerja di Rumah

3. Waktu Istirahat

Agar kamu tetap fokus dengan pekerjaan, kamu perlu menentukan waktu istirahat. Pastikan kamu memiliki waktu makan siang dan istirahat saat bekerja di rumah. Selain itu, kamu bisa melakukan olahraga ringan agar pikiran dan tubuh tetap sehat.

4. Komunikasi dengan Rekan Kerja

Bekerja dari rumah terkadang akan sulit untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau tim. Padahal, hal ini adalah salah satu kunci sukses dalam bekerja. Sebaiknya, kamu membuat to do list di notebook atau aplikasi agar pekerjaan lebih teroganisir. Meski begitu, saat bekerja dari rumah, kamu tidak bisa mengharapkan kalau rekan kerja akan bekerja terus-terusan dari 9 sampai jam 6 sore. Namun, kamu bisa melakukan komunikasi yang baik dan memiliki aplikasi pelacak pekerjaan masing-masing yang membantu untuk memastikan pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *