4 Barang yang Sebaiknya Tidak Diaplikasikan pada Kulit Wajah

Healthy Skin - Elisabeth - May 1, 2020

Hal termudah yang bisa kamu lakukna untuk merawat wajah adalah memerhatikan kandungan pada skincare dan menghindari barang yang tidak diinginkan pada kulit wajah. Selain memilih kandungan yang tepat untuk jenis kulit, kamu juga perlu mencari tahu barang apa saja yang sebaiknya tidak diaplikasikan pada wajah. Nah, beberapa barang di bawah ini berpotensi merusak kulit.

1. Petroleum Jelly

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kandungan petroleum jelly dalam skin care. Meski banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai pelembap alami, kandungan ini tidak direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kulit wajah. Jelly memang tidak buruk untuk kulit, tetapai petroleum sebenarnya berasal dari bagian bawah barel minyak bumi dan ini tidak baik untuk kulit. Apalagi untuk kulit yang berjerawata karena dapat menyumbat pori-pori.

2. Pelembap Tubuh

Kamu pernah berinisiatif untuk menggunakan pelembap tubuh di wajah dan mengharapkan efek yang sama? Sebaiknya jangan lakukan hal ini lagi ya. Kamu perlu menggunakan skin care sesuai dengan fungsinya. Pelembap tubuh memang baik untuk tubuh, tapi tidak untuk wajah. Sama seperti petroleum jelly, pelembap tubuh dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan break out pada wajah. Maka dari itu gunakan pelembap sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Baca Juga : Pori-Pori Wajahmu Besar? Ikuti Cara ini Untuk Mengecilkannya

3. Sabun Batang

Sebagian besar wanita mungkin sudah jarang menggunakan sabun batang sebagai pembersih wajah. Namun, kebanyakan pria banyak yang berpikir menggunakan sabun batang untuk membersihkan wajah dan tubuh lebih praktis. Padahal, hal ini dapat merusak kulit karena kandungan yang dibutuhkan kulit tubuh dan wajah berbeda. Sabun batang mengandung zat sodium lauryl sulfate yang membuat busa sabun menjadi banyak. Nah, kandungan ini menyebabkan kulit kering. Maka dari itu, kamu harus menggunakan sabun wajah khusus. Jika kamu tetap ingin menggunakan sabun batang sebaiknya gunakan sabun batang yang memang khusus digunakan pada area wajah.

4. Alkohol

Banyak produk perawatan kulit seperti toner yang mengandung alkohol. Meskipun saat penggunaan wajah jadi lebih bersih dan segar, kenyatannya tidak demikian. Menggosokkan alkohol pada wajah akan menghilangkan semua minyak dan sebum pada kulit. Hal ini akan menyebabkan kulit memproduksi minyak lebih banyak sehingga wajah semakin terasa berminyak. Namun, beberapa produk yang mencantumkan alkohol tidak sepenuhnya alkohol karena beberapa di antaranya terbuat dari ekstrak tumbuhan.   

Last Updated on May 6, 2020

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *