Tips Agar Skincare Lebih Menyerap ke Dalam Kulit

Healthy Skin - rustaviani - June 15, 2020

Di era sekarang ini semakin sedikit orang yang menggunakan satu atau dua produk skincare saja setiap habis mencuci muka. Minimal pasti menggunakan toner dan pelembap yang artinya kulit harus dibiasakan untuk menyerap berbagai macam produk dalam kurun waktu yang singkat. Nah, bagaimana sih cara agar kulit lebih mudah menyerap produk skincare yang digunakan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Kerja Kulit Menyerap Produk Skincare

Dilansir dari dailymail.com, ketika produk skincare diserap kulit untuk pertama kalinya, produk tersebut akan melewati stratim korneum yang merupakan lapisan terluar kulit. Produk skincare kemudian menembus stratum korneum melalui tiga cara yaitu melewati celah antar sel, menembus sel, kemudian memasuki folikel rambut menuju lapisan kulit yang lebih dalam untuk selanjutnya mengalami proses metabolisme.

Proses penyerapan skincare ke dalam kulit ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu yang terpenting adalah tebalnya stratum korneum itu sendiri. Ketebalan stratum korneum setiap orang berbeda-beda, biasanya faktor genetik atau kebiasaan orang merawat kulit juga mempengaruhi.

Waktu Terbaik untuk Menggunakan Produk Skincare

freepik.com

Selain memperhatikan produk skincare yang digunakan, kamu juga harus memperhatikan waktu penggunaannya. Saat pagi hari sebaiknya gunakan skincare pukul 6pagi atau 8pagi. Saat pagi hari atau saat pertama kali kamu bangun, aktivitas hormon kortisol akan menghasilkan reaksi histamin berupa sensitivitas, peradangan, atau alergi. Maka, disarankan untuk menggunakan krim yang mengandung anti iritasi. Setelah itu, sebaiknya hidrasi kulit sebelum memulai aktivitas. Gunakan serum seperti Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence untuk menghidrasi kulitmu sepanjang hari. Lalu gunakan pelembap yang mengandung antioksidan dan tabir surya pada jam 8 untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan polusi.

Waktu yang tepat menggunakan skincare selain di pagi hari adalah malam hari. Karena pada malam hari kulit akan mulai meregenerasi sel-selnya dan memulai periode peremajaan. Ketika tubuh dalam keadaan tertidur, kulit akan memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi pada sepanjang hari. Oleh karena itu perawatan kulit sebelum tidur merupakan hal penting. Kamu bisa menggunakan krim yang mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Pada jam-jam ini produksi kolagen akan meningkat, radikal bebas akan dinetralisir, serta sel-sel akan dipulihkan.

Baca Juga : Selain Merawat Area Mata, Eye Cream juga Bisa Digunakan untuk Beberapa Hal Ini

Memaksimalkan Penyerapan Skincare ke Dalam Kulit

Hal yang pertama harus kamu lakukan sebelum menggunakan produk skincare adalah pastikan untuk membersihkan wajah. Karena kondisi kulit yang lembap mampu menyerap produk skincare dengan lebih baik. Menggunakan air hangat akan lebih baik karena dapat membuat pori-pori terbuka dan siap untuk menyerap skincare.

Pemakaian rutin dan pemijatan lembut bisa membantu produk menyerap lebih baik. Selain itu, menggunakan produk yang dapat mengunci kelembapan di akhir penggunaan skincare juga membuat penyerapan produk semakin meningkat. Produk seperti ini bisa menahan semua hidrasi dan nutrisi yang diaplikasikan sebelumnya agar bertahan di dalam kulit dan tidak menguap keluar.

Jika kamu menggunakan berbagai macam jenis produk skicare jangan langsung menggunakan semuanya bersamaan. Walaupun kulit mampu menyerap berbagai macam produk dalam waktu bersamaan, namun sebaiknya memang diberikan jeda beberapa menit antar pemakaian agar setiap produk dapat terserap sempurna. Tidak ada patokan pasti untuk hal ini, bila wajah sudah tidak terasa terlalu lengket artinya produk sudah terserap secara efektif lalu bisa dilanjutkan dengan produk yang lainnya.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *