Susah Tidur Malam? Cegah Insomnia Dengan Cara Ini!

Life - rustaviani - April 14, 2020

Jika kamu mengalami kondisi susah tidur di malam hari, bisa dipastikan kamu sedang insmonia. Tenang, kamu tidak sendirian kok. Banyak orang yang merasakan hal yang sama. Kondisi dimana kamu merasa sulit tidur atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali.

Banyak faktor yang menyebabkan insomnia. Entah karena terlalu banyak pikiran atau makanan yang kamu konsumsi. Lantas saat insomnia apa yang bisa kamu lakukan? Sebelum mengonsumsi pil tidur yang dampaknya kurang baik bagi tubuh, sebaiknya cobalah 7 cara alami berikut ini.

1. Atur Waktu Tidur

Konsisten dengan jadwal tidur adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan saat insomnia menyerangmu. Penting untuk menyeleraskan waktu tidur, sebab konsisten dengan waktu tidur membuat tubuhmu memaksa untuk tidur dan bangun sesuai jadwal.

Mulailah membuat jadwal untuk waktu tidurmu. Misalnya, kamu ingin tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 6 pagi keesokan harinya. Usahakan 15 menit sebelum jam 10 malam, kamu sudah ada di tempat tidur. Tak lupa, setel alarm mu pukul 6 pagi supaya kamu bisa bangun tepat waktu. Meski awalnya nanti terasa aneh dan terkesan tidur dipaksakan, tetapi saat kamu sudah mengenali polanya, maka kamu akan lebih mudah untuk tidur. Bahkan apabila sudah terbiasa, tanpa disuruh pun kamu akan mulai mengantuk menjelang jam 10 malam.

2. Melakukan Hal-Hal Kecil

Bila belum terbiasa tidur dengan pola teratur, biasanya kamu akan merasakan susah untuk tidur. Tenang, tidak perlu dipaksakan. Contohnya, bila kamu belum mengantuk pada pukul 10, kamu boleh turun tempat tidur dan melakukan hal-hal kecil yang dapat merangsang rasa kantuk. Pilihlah kegiatan yang merileksasi, seperti mendengarkan musik instrumental atau baca buku.

Setelah lelah, kamu bisa segera beranjak kembali ke tempat tidur. Tanamkan niat bahwa kamu ingin beristirahat. Jangan lupa untuk memanjatkan doa sebelum tidur agar kamu bisa terlelap dengan nyenyak. Namun jangan juga memaksakan dirimu untuk terlelap. Karena usahamu untuk tidur justru akan membuatmu semakin terjaga.

3. Buat Ritual Sebelum Tidur

freepik.com

Ritual sebelum tidur ternyata juga bisa merangsang rasa kantuk lho. Ya, jika tubuhmu dibiasakan untuk selalu melakukan ritual sebelum tidur, maka secara tidak langsung tubuh diajak untuk mengenali kebiasaan itu.

Pilih satu kegiatan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. 15 menit sebelum terlelap, usahakan kamu selalu menjalani ritual itu. Lakukan hal yang sama selama berulang-ulang setiap malam. Dengan cara itu, kamu bisa mengatakan pada tubuhmu bahwa ketika melakukan ritual tersebut, sesungguhnya kamu sedang bersiap-siap tidur. Jadi tubuhmu bisa mempersiapkan diri dengan memberi rasa kantuk.

Contoh ritual malam bisa berupa mandi air hangat atau melakukan perawatan wajah. Kamu bisa mulai mencuci wajah terlebih dahulu, kemudian membersihkan wajah dengan toner, dan mengoleskan krim malam sebelum tidur. Usai melakukan kegiatan ini, penting untuk meredupkan lampu sehingga tubuhmu akan tahu sendiri bahwa setelah ini saatnya untuk tidur.

4. Hindari Gadget Atau Barang Elektronik

Sebelum tidur, sejenak tinggalkan gadget dan alat komunikasi lainnya. Gadget dan alat komunikasi hanya akan mengalihkan perhatianmu untuk tidak segera tidur. Contohnya, handphone. Malam hari memang waktu yang pas untuk rileksasi sambil memainkan sosial media. Tapi jika tidak tahu waktu, handphone justru membuatmu susah tidur.

Selain karena fitur handphone yang membuat ketergantungan, ringtone dan cahaya handphone juga dapat menganggu sehingga membuat kita ingin memainkannya sebentar. Sebaiknya tinggalkan sejenak gadget di atas meja yang agak jauh dari tempat tidur. Dengan begitu kamu bisa segera tidur dengan lelap.

5. Buatlah Suasana Kamar Senyaman Mungkin

Kamar yang berantakan dan kotor sangatlah berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Bagi laki-laki, mungkin kamar berantakan adalah hal biasa. Akan tetapi apabila akhir-akhir ini kamu mengalami susah tidur, sebaiknya buatlah kamar menjadi lebih nyaman lagi.

Rapikan baju-baju dan benda yang berserakan dalam kamar. Buatlah kamarmu senyaman mungkin, seolah bisa membuat hati lebih lega, bukan tertekan. Bila perlu, ganti poster dan warna cat dinding sesuai dengan selera masing-masing.

Baca Juga : Ternyata Konsumsi Buah-Buahan ini Bisa Memutihkan Gigi

6. Posisikan Tubuh Lebih Baik

Kadang insomnia di tengah malam secara tiba-tiba juga bisa disebabkan karena posisi tubuh kurang pas, terutama pada bagian leher dan kepala. Oleh sebab itu, usahakan tidur dengan posisi leher yang netral, tidak terlalu ketinggian dengan tubuh ataupun terlalu rendah.

Selain itu, apabila tidak menyukai cahaya terlalu terang dalam kamar. Coba matikan lampu ketika ingin tidur. Ya meski gelap dan menyeramkan, tapi cara ini sangat efektif untuk mengatasi insomnia.

7. Kurangi Tidur Siang

Tidur siang tidak dilarang kok. Malah disarankan untuk mengembalikan energi yang terkuras. Meski disarankan, tapi bukan berarti kamu boleh tidur siang lama-lama. Jika kamu merasa mengantuk, usahakan untuk tidur tidak lebih dari 30 menit.

Bagaimana cara supaya tidur siang bisa tidak terlalu lama? Kuncinya ada pada tidur malammu. Apabila kamu terbiasa tidur malam di atas jam 12 malam, ya jangan berharap bisa tidur siang dalam waktu kurang 30 menit. Yang ada kamu semakin mengantuk. Maka dari itu, perbaiki dulu tidur malammu, kemudian barulah mulai kurangi kebiasaan untuk tidur siang.

8. Awasi Makanan yang Dikonsumsi

Sudah tahu kan kalau mengkonsumsi makanan dan minuman juga bisa mengakibatkan insomnia? Hindari makanan dan minuman berkafein seperti kopi dan teh sebelum tidur. Kafein bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa memejamkan mata di malam hari.

Selain itu, usahakan agar kamu tidak pergi tidur dalam keadaan terlalu kenyang dan kelaparan. Ketidaknyamanan yang kamu rasakan di dalam perut bisa membuatmu terjaga semalaman. Maka untuk makan malam sebaiknya konsumsilah kangkung. Sayuran ini dipercaya memiliki zat yang bisa membuatmu merasa mengantuk dan cepat terlelap.

9. Jaga Kesegaran Udara

Kersegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur. Udara kamar yang kotor dan penuh dengan polusi sangatlah buruk bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan.

Sangat penting untuk selalu menjaga kesegaran udara. Apabila kamarmu tertutup rapat, silahkan buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar. Bila sempat, bersihkan udara di kamarmu dengan alat pembersih udara. Dengan menggunakan alat tersebut selama 30 menit saja, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *