Telepon Genggam Bisa Menyebabkan Jerawat, Benar Tidak Sih?

Healthy Skin - Elisabeth - March 28, 2021

Telepon genggam menjadi alat komunikasi yang sangat lazim digunakan. Siapa sangka kalau telepon genggam adalah salah satu penyebab jerawat.

Kebanyakan bakteri bisa ditemukan di tempat-tempat kotor, seperti toilet atau tempat sampah. Namun, telepon genggam juga bisa menyebabkan jerawat karena telepon genggam merupakan salah satu media tempat bakteri dan kuman bersarang di dalamnya! Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa telepon genggam bisa menyebabkan jerawat dan 5 kali lebih kotor dari toilet. Kok bisa sih alat ini jadi salah satu penyebab jerawat?

Penelitian Telepon Genggam pada Kulit

Dilansir dari Tech Insider, sebuah penelitian berbasis mikrobiologi dari Columbia Medical Center membuktikan bahwa telepon genggam adalah salah satu tempat bakteri dan kuman bersarang. Selain bisa menimbulkan penyakit, bakteri dan kuman yang bersarang di dalamnya juga berpotensi menimbulkan jerawat.

Ada 38 sample telepon genggam yang diujikan dalam penelitian ini. Sebanyak 34 telepon genggam diantaranya dinyatakan positif terkontaminasi kuman dan bakteri dengan jenis yang beraneka ragam. Tentunya, hal ini ditentukan dari kebiasaan si pengguna telepon genggam saat membawa atau menggunakan telepon genggam.

Beberapa bakteri yang terdeteksi antara lain adalah:

1. Bacillus: penyebab keracunan, penunomia, infeksi kulit, infeksi mata, meningitis, dan lain-lain. Bakteri ini paling banyak ditemukan di alam.

2. Pathogenic bacteria: Beragam-ragam bakteri patogen parasitik.

3. Staphylococcus Aureus: bakteri yang memproduksi nanah dan bisa menyebabkan bisul, jerawat, penumonia, dan meningitis.

4. MRSA: Bakteri penyebab infeksi pada kulit yang diawali dengan munculnya bisul, jerawat, atau kelainan kulit yang berupa seperti gigitan laba-laba.

5. Escherichia Coli: bakteri yang berkembang di dalam usus manusia dan bisa menyebabkan diare, kram perut, kelainan pencernaan hingga muntah-muntah.

6. Klebsiella Pneumoniae: bakteri yang menyebabkan infeksi pada organ-organ tubuh tertentu, seperti saluran kencing,jaringan paru-paru, sehingga menyebabkan demam tinggi, menggigil, nyeri dada, dan sesak nafas.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Pudarkan Noda Hitam Bekas Jerawat Tanpa Laser

Tak Perlu Takut,  Bakteri Bagian dari Kehidupan

Semaksimal apapun kamu menjaga kebersihan, bakteri tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupan normal manusia. Intinya, terdapat dua kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dari kontaminasi bakteri.

Pertama, adalah menjaga kebersihan dari semua lini yang berpengaruh di dalam kehidupanmu. Kedua, yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh sehingga bisa kebal dan terhindar dari bakteri-bakteri penyebab penyakit. Ya, melawan bakteri memang harus dibutuhkan langkah yang seimbang. Penanganan dari faktor eksternal (lingkungan) dan juga faktor internal (kesehatan tubuh). 

Jadi, kamu tidak perlu takut untuk menggunakan handphone ya. Wajahmu akan terhindar dari jerawat jika kamu rajin membersihkan wajah! Ingat untuk selalu membersihkan telepon yang kamu gunakan dengan tissue basah atau pembersih yang aman untuk alat elektronik ya.

Last Updated on March 29, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *