Tambahkan 7 Buah Ini pada Menu Berbuka Puasamu Agar Kulit Terhidrasi Sepanjang Hari

Body Fit - Elisabeth - April 30, 2021

Buah-buahan selalu menjadi hal yang wajib menemani berbuka puasamu. Nah, 7 buah ini wajib kamu tambahkan di menu buka puasa agar tubuhmu semakin segar.

Ketika puasa, kondisi tubuh akan kekurangan cairan daripada biasanya, sehingga sangat penting bagi kamu untuk langsung mengganti cairan tersebut ketika berbuka puasa. Di dalam satu hari, tubuh wanita membutuhkan 2,2 liter air (9 gelas) yang bisa didapatkan ketika makan dan minum, sedangkan ketika di bulan puasa kamu akan mendapatkan cairan kurang dari takaran tersebut. Agar cairan dalam tubuh tetap terjaga meskipun sedang berpuasa, kamu harus mengonsumsi banyak cairan. Tentunya kamu tidak ingin kulit menjadi kering dan kusam karena kekurangan cairan.  Nah, sebaiknya tambahkan 7 buah ini pada menu buka puasamu agar kulit terhidrasi sepanjang hari.

1. Jeruk

Jeruk sangat baik untuk mengembalikan cairan pada tubuh karena kandungannya adalah 87% air. Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan bisa memperbaiki kulit. Selain itu, jeruk bagus untuk kesehatan jantung, level kolesterol, dan masalah-masalah lainya. Jeruk bisa membantu mengurangi masalah pernapasan, kanker, penyakit tulang, pencernaan dan batu ginjal. Dengan banyaknya manfaat jeruk, menyebabkan buah ini sangat penting untuk dikonsumsi dalam menu buka puasa.

2. Air Kelapa

Air kelapa dapat mengembalikan kadar air 95% pada tubuh. Air kelapa adalah cairan yang ada pada kelapa hijau dan akan terserap seiring matangnya buah. Air kelapa rendah akan sodium dan karbohidrat dan memiliki rasa yang enak sekaligus menyegarkan.  Manfaat tambahannya adalah kelapa dapat meningkatkan produksi energi pada tubuh sehingga sangat cocok untuk tubuh ketika berpuasa.

3. Semangka

Semangka dapat menghidrasi kamu sekitar 92% karena kandungan dalam buah ini adalah air dan gula yang kaya akan garam magnesium, kalsium, sodium, dan potasium, sehingga bisa dapat mencukupi air dalam tubuh kamu, bahkan semangka lebih bagus untuk menghidrasi tubuh kamu daripada air. Kandungan semangka ini rendah karbohidrat, sehingga tidak akan menaikkan kadar gula pada tubuh kamu.

4. Buah Beri

Jenis buah berry seperti strawberry merupakan jenis buah yang bagus untuk mengembalikan cairan pada tubuh kamu. Sedangkan buah berry lainnya seperti raspberry, blueberry, maupun blackberry kaya akan vitamin C, dapat melancarkan pembuluh darah arteri dan mengontrol gula darah. Buah beri juga kaya akan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebasdan mencegah pemicu kanker.

Baca Juga : Menu Buka Puasa Berkuah untuk Menyegarkan Tubuh Setelah Tidak Makan Seharian

5. Mangga

Cobalah untuk mengonsumsi mangga ketika kulit mulai terasa kering. Manga kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin A. Vitamin A sangat bagus untuk memproduksi dan menjaga sel pada kulit. Mangga juga bisa meningkatkan ketahanan kulit pada jerawat. Vitamin A adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum sehingga membuat rambut bisa menjadi lembap. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh termasuk kulit dan lembut. Selain vitamin A, mangga juga mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kolagen untuk kulit dan rambut.

6. Nanas

Nanas adalah buah yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh. Nanas mengandung bromelain yang bagus untuk meningkatkan pencernaan. Nanas juga bagus untuk mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan. Nanas juga mengandung kolagen yang bagus untuk kulit sehingga kulit bisa terasa lembut dan kenyal.

7. Kurma

Banyak kandungan yang ada pada buah kurma yaitu mineral, vitamin, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, di dalam kurma juga terdapat zat besi, tembaga, kalium, magnesium, mangan, banyak vitamin B termasuk vitamin B6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat, dan riboflavin.

Kandungan kurma lainnya yaitu vitamin A, K, karoten, lutein, zeaxanthin dan serat. Kurma mengandung 23 jenis asam amino dan beberapa asam lemak tak jenuh yang cukup bagus seperti palmitoleat, oleat, linoleat, dan asam linolenat. Makan kurma dapat memberikan dorongan energi.

Last Updated on April 30, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *