Ternyata Olahraga Bersepeda Memiliki Banyak Manfaat bagi Wanita

0
Diunggah 22 September 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Ternyata Olahraga Bersepeda Memiliki Banyak Manfaat bagi Wanita

Banyak dari kalian yang tentunya malas berolahraga meskipun membuat tubuh menjadi lebih sehat. Padahal, manfaat olahraga sepeda ada beragam loh!

Ingin olahraga, tapi kok rasanya malas sekali ya? Jika menyebut olahraga, yang terbayang mungkin olahraga berat yang menguras banyak energi. Padahal ada olahraga yang sederhana dan juga punya kegunaan bagus bagi kesehatan tubuh, yaitu bersepeda. Nah, ternyata olahraga bersepeda memiliki banyak manfaat bagi tubuh wanita. Apa saja sih manfaat olahraga sepeda ini? Yuk, simak penjelasannya!

1. Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Punya masalah insomnia atau tidur yang tak nyenyak di malam hari? Jika sudah berusia lanjut, biasanya seseorang memang lebih rentan terkena gangguan tidur, baik berupa masalah durasi maupun kualitasnya. Karena itu, Goddess bisa mulai mempertimbangkan untuk lebih rajin bersepeda. Salah satu manfaat bersepeda bagi wanita adalah kemampuannya untuk membuat tidur lebih nyenyak.

2. Menjaga Kekuatan Sendi

Wanita lebih rentan tiga kali lipat ketimbang pria dalam hal arthritis, karena tiga faktor ini: Biologis, genetika dan hormon. Sayangnya, ada faktor keempat yang membuat wanita semakin rentan terkena arthritis, yaitu obesitas. Nah, dengan bersepeda, wanita akan mendapat manfaat dari penurunan berat tubuh yang juga akan berpengaruh terhadap berkurangnya risiko penyakit sendi ini. Lebih lanjut lagi, bersepeda lebih minim risiko pada persendian ketimbang lari atau jogging yang bisa menyebabkan masalah pada pergelangan kaki hingga punggung.

3. Membantu Menjaga Berat Badan

Ternyata bersepeda selama 1 jam dapat membakar 400-1000 kalori. Namun rentang angkanya bervariasi tergantung dari intensitas dan beban kayuhan yang kamu pasang. Makin lama durasinya dan makin berat kayuhan, otomatis semakin besar pula jumlah kalori yang dibakar. Kalau tempat tinggal kamu tak jauh dari kampus atau kantor, sepertinya kamu bisa mengandalkan transportasi sepeda sebagai pilihan. Selain sehat, Goddess juga bisa lebih hemat.

Baca Juga : Produk Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Sebelum Olahraga

4. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, bersepeda bagi wanita punya manfaat khusus lain, yaitu mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Dilansir dari detik.com, ditemukan fakta bahwa mereka yang rutin bersepeda, minimal selama lima tahun lebih jarang terkena serangan jantung atau penyakit kanker, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin bersepeda.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Sudah rahasia umum kalau berolahraga bisa membuat otak lebih sehat, karena peredaran darah yang lebih lancar ke dalam otak. Kamu bisa terhindar dari risiko penyakit dementia, gangguan kecemasan, dan juga depresi. Karena pengaruh hormon, wanita lebih berisiko terkena gangguan mental seperti ini. Bersepeda menggabungkan aktivitas fisik dan juga eksplorasi luar ruangan yang bisa membantu menyegarkan pikiran.

Last Updated on September 22, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 22 September 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya