Kurangi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Wajah Terhindar dari Jerawat

Healthy Skin - rustaviani - May 22, 2020

Jerawat adalah masalah kulit yang tidak ada habisnya. Pada dasarnya, jerawat ini memang sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu mencegahnya terlebih dahulu. Nah, kamu bisa mencegahnya dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab jerawat, dengan cara ini secara tidak langsung kamu juga mencegah timbulnya jerawat. Bukannya tidak boleh mengonsumsi sama sekali, tapi lebih baik jika mulai sekarang kamu coba untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Makanan Manis

freepik.com

Makanan manis seperti kue, soda, dan jus buah yang dicampur susu atau gula memang sangat nikmat. Namun, makanan manis ini yang menimbulkan jerawat apalagi jika yang digunakan adalah gula buatan. Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu insulin dan menyebabkan jerawat. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk selalu memperhatikan makanan manis yang kamu konsumsi. Jangan sampai berlebihan dan pastikan makanan tersebut menggunakan gula asli.

2. Kacang Tanah

Kacang tanah memang sudah terkenal dengan efek negatifnya yang menimbulkan jerawat. Hal ini ternyata bukan sekedar mitos. Pasalnya, kacang tanah memiliki kandungan androgen yang sangat tinggi dan ini bisa memicu produksi sebum yang berlebih pada kulit. Sebum sendiri adalah produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Karena produksi minyak menjadi berlebih, hal inilah yang menjadi potensi besar timbulnya jerawat-jerawat baru yang susah untuk disembuhkan.

3. Gorengan

freepik.com

Makanan yang terlalu banyak minyak memang tidak baik untuk kesehatan kulit. Apalagi gorengan yang diolah dengan minyak tidak sehat seperti minyak yang telah digunakan berkali-kali. Gorengan ini mengandung banyak lemak tidak sehat yang menimbulkan munculnya jerawat. Ketika lemak yang disimpan dalam tubuh berlebih maka akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Sehingga jerawat mudah tumbuh akibat pori-pori wajah yang sering mengeluarkan minyak.

4. Kopi

freepik.com

Ternyata mengonsumsi kopi berlebihan bisa mempengaruhi timbulnya jerawat di wajah. Pasalnya, kopi memang memiliki kandungan kafein yang tinggi dan berpotensi untuk memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini disebabkan karena kafein memicu kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon penyebab stres, sementara stress dapat memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, kalian penggemar kopi sebaiknya mulai sekarang kurangi konsumsi minuman ini.

5. Kripik Kentang

freepik.com

Makanan yang selalu bikin kamu kecanduan ini ternyata juga menyebabkan jerawat. Kripik kentang ini memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Nah, kandungan glukosa yang tinggi dalam tubuh akan memicu jerawat untuk muncul ke permukaan kulit.

Itulah beberapa makanan yang memicu timbulnya jerawat. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, tapi usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut untuk mencegah timbulnya jerawat di wajahmu. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan wajahmu dengan Avoskin Facial Wash, agar wajahmu tetap bersih, segar, dan bebas jerawat.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *