Ini 3 Manfaat Menjadi Seorang Vegan yang Akan Kamu Dapatkan

Lifestyle - Elisabeth - November 23, 2020

Vegan dan vegetarian memang sama-sama tidak mengonsumsi daging hewan apa pun. Namun, vegetarian dan vegan itu berbeda karena vegan adalah orang-orang yang juga tidak mengonsumsi telur, produk susu, atau produk lain yang berasal dari hewan seperti madu, kecap ikan, gelatin, dan lainnya. Vegan ini adalah vegetarian yang paling ketat karena hanya mengonsumsi buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Nah, menjadi seorang vegan ini memberi banyak manfaat untuk tubuh. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Berat Badan Menurun

Seorang ahli gizi di University of Massachusetts, Amerika Serikat mengatakan bahwa diet vegan adalah solusi untuk menurunkan berat badan dengan hasil yang cepat. Hal ini karena bahan pangan nabati mengandung lebih sedikit kalori daripada bahan pangan hewani. Asupan serat tinggi dari buah dan sayuran juga membuatmu merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak meningkatkan rasa ingin ngemil.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak zat gizi yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Kandungan zat gizi seperti fitokimia kompleks dalam sayuran dan buah ini berfungsi untuk mencegah kanker. Fitokimia adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab pembentukan sel kanker.

Baca Juga : Ingin Mengganti Gula dalam Kopimu Jadi Lebih Sehat? Berikut ini Beberapa Alternatifnya!

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menjadi seorang vegan juga membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Pola makan seorang vegan ini berbasis sumber nabati yang membantu menstabilkan kadar gula dan tekanan darah dalam taraf sehat. Konsumsi biji-bijian utuh, kedelai, dan kacang-kacangan juga mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Dengan tidak mengonsumsi lemak jenuh ataupun bahan kimia berbahaya dalam daging atau produk olahan susu, tubuh akan menjadi lebih sehat.

Ketiga manfaat di atas bisa kamu dapatkan jika menjadi seorang vegan. Namun, menjadi seorang vegan rentan kekurangan gizi dan tulang keropos karena membatasi vitamin dan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Meski begitu kamu bisa atasi masalah ini dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12 dan zat besi. Tertarik menjadi seorang vegan?    

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *