Frekuensi Penggunaan Masker Wajah yang Benar

Healthy Skin - rustaviani - July 11, 2020

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, memang butuh perawatan kulit yang maksimal. Ada beberapa tahapan skin care untuk memaksimalkannya, mulai dari cleansing, toning, moisturizing, hingga exfoliating. Selain tahapan tersebut, ada lagi satu produk skin care yang perlu diselipkan ke dalam rutinitas perawatan kulit, yaitu masker. Dengan menggunakan masker secara rutin, kamu pun akan terbebas dari berbagai permasalahan kulit. Namun, meski tergolong memiliki banyak manfaat, kamu tetap perlu memerhatikan aturan penggunaan masker karena ternyata, tidak semua jenis masker bisa digunakan setiap hari. Nah, oleh dari itu simak penjelasan frekuensi penggunaan masker wajah di bawah ini.

1. Peel Off Mask

Peel-off mask menjadi favorit banyak wanita karena mudah untuk digunakan, serta membuat kulit wajah terasa lebih kencang dan bersih. Kotoran, debu, minyak, dan sel kulit mati pada permukaan kulit dapat terangkat dengan baik menggunakan masker ini. Namun, jika digunakan terlalu sering, peel-off mask dapat membuat wajah jadi semakin kering serta membuat kulit semakin tipis. Untuk penggunaan peel-off mask dengan klaim nourishing, kamu cukup menggunakannya satu minggu sekali. Sedangkan untuk peel-off mask yang berfungsi mengangkat blackheads, penggunaannya bisa dibatasi hingga 2-3 kali dalam satu bulan.

2. Sleeping Mask

Sleeping mask merupakan tahapan terakhir dari rutinitas skin care malam hari yang bermanfaat untuk menutrisi kulit sewaktu tidur. Berbeda dengan night cream, masker ini memiliki lebih banyak kandungan aktif dan anti-oksidan yang dapat melembapkan, serta membuat kulit lebih berseri di pagi hari. Meskipun kaya akan manfaat, penggunaan sleeping mask sebaiknya tetap dibatasi. Dalam satu minggu, kamu cukup menggunakan jenis masker ini sebanyak 2-3 kali saja. Penggunaan sleeping mask yang terlalu sering akan membuat kulit menjadi kebal dan mengurangi keampuhan produk.

3. Clay Mask

freepik.com

Clay mask merupakan jenis masker yang memiliki bahan dasar clay. Jenis masker ini biasanya digunakan untuk membersihkan, menyerap minyak berlebih, serta menutrisi kulit. Sayangnya, banyak yang menyangka bahwa clay mask dapat mengiritasi kulit jika digunakan lebih dari dua kali dalam seminggu. Padahal, ini tergantung dari cara kamu mengenakannya. Kamu bisa menggunakan clay mask sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mencegah terjadinya breakout. Namun, kamu bisa menggunakan jenis masker ini setiap hari jika kulit sedang bermasalah.

Para penggunanya dianjurkan untuk tidak mengenakan produk hingga mengering di wajah. Jika normalnya clay mask membutuhkan waktu 15-20 menit untuk mengering,kamu cukup menggunakan clay mask selama 5-10 menit agar kulit tetap ternutrisi tanpa menimbulkan kekeringan.

Baca Juga : Produk Skincare Menyebabkan Jerawat? Bisa Jadi 3 Hal Ini Penyebabnya

4. Sheet Mask

Sheet mask merupakan salah satu jenis masker yang banyak digemari beauty enthusiast karena tergolong praktis dan mudah digunakan. Umumnya, sheet mask terbuat dari material microfibers yang direndam dalam serum atau hydrogel yang terbuat dari serum. Masker ini tergolong ringan bagi kulit, sehingga dapat digunakan setiap hari. Meski demikian, rata-rata pemakaian sheet mask hanya dianjurkan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Satu hal yang perlu kamu ingat dalam penggunaan sheet mask adalah memerhatikan anjuran serta cara pemakaiannya. Gunakan produk sesuai waktu yang dianjurkan. Jangan sampai kamu mendiamkan sheet mask di wajah hingga mengering karena hal ini justru akan mengakibatkan kulit semakin kering.

5. Exfoliating Mask

Exfoliating mask merupakan masker yang memiliki dua fungsi, yakni sebagai cleanser dan exfoliator. Selain mengatasi kekusaman, jenis masker ini juga bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti blackheads dan juga jerawat. Untuk penggunaannya, exfoliating mask cukup diaplikasikan pada wajah dan dibiarkan hingga mengering selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan memberikan sedikit pijatan pada kulit untuk membantu proses eksfoliasi. Kamu cukup menggunakan exfoliating mask sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Meskipun masker yang digunakan tergolong gentle dan aman dipakai setiap hari, perlu diingat bahwa proses pembaharuan kulit juga membutuhkan waktu.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *