fbpx

Ini 6 Cara Mudah Membersihkan Brush Makeup yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Makeup - Elisabeth - December 15, 2020

Menggunakan alat kecantikan untuk makeup dan skincare adalah hal yang biasa bagi perempuan. Namun,  kamu harus rutin menjaga kebersihan alat kecantikan yang digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga menghasilkan makeup yang lebih rapi. Salah satu alat makeup yang paling cepat kotor adalah makeup brush. Biar pun rasanya membersihkan brush makeup itu sangat merepotkan, jangan sampai kemalasan tersebut membuat brush makeup menjadi sarang bakteri. Nah, kamu bisa mengikuti 6 cara mudah membersihkan brush make up di bawah ini.

1. Menggunakan Clipboard

Jangan khawatir, kamu bisa coba cara mudah membuat alat pembersih brush makeup mu sendiri yang dilansir dari Pop Sugar. Kamu hanya membutuhkan papan jalan, lem tembak, dan sabun. Hindari papan yang berbahan kayu, kamu bisa memilih yang berbahan plastik agar lebih tahan air.

Pertama, buatlah totol-totol dengan lem tembak pada papan. Bagian atas lebih besar daripada bagian bawah agar bisa menggosok brush make up dengan lebih baik. Kamu tidak perlu membuat totol-totol sampai bawah, cukup setengah papan saja. Bersihkan sisa-sisa lem yang keluar dari totol-totol agar tidak menghalangimu membersihkan kuas. Setelah itu tunggu lem hingga mengering, lalu basahi papan dan tambahkan sabun. Setelah itu gosokkan brush makeup pada papan hingga sisa makeup terangkat sempurna.

2. Menggunakan Sabun Batangan

Tentunya sabun batangan mudah ditemukan dan banyak dijual di toko kosmetik. Dengan harga yang murah kamu sudah bisa membersihkan brush makeup dengan cukup bersih. Caranya sangat mudah, gosokkan brush makeup pada sabun batangan dan diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

3. Menggunakan Sabun Cair

Cara penggunaannya sama dengan sabun batangan, tetapi sabun cair lebih mudah dan cepat untuk digunakan. Tuangkan sabun cair secukupnya, lalu gosokkan pada brush make up hingga bersih. Lebih baik lagi, peras brush hingga semua kotoran keluar. Jika diperlukan, lakukan hal ini secara berulang hingga air perasan terlihat lebih bening dari sebelumnya.

Baca Juga : Punya Kulit Berminyak? Ikuti 4 Langkah Supaya Makeup Tahan Lama

4. Cuka Apel dan Sabun Cair

Dengan menggabungkan dua bahan ini, kebersihan yang didapat akan lebih maksimal. Untuk brush makeup yang sangat kotor, kamu membutuhkan cuka apel untuk membersihkannya. Cuka apel membantu membunuh bakteri yang berbahaya serta membersihkan kuas secara menyeluruh. Kombinasikan satu sendok cuka apel murni dan setengah sendok sabun cair. Setelah itu kamu bisa rendam dan diamkan brush makeup selama beberapa menit, setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

5. Gunakan Sampo Bayi dan Air Hangat

Cara yang ini mudah dan sangat membantu membersihkan brush makeup secara menyeluruh. Sampo bayi membantu meregangkan bulu brush makeup kamu dan mendorong mengeluarkan semua bekas cairan foundation ataupun blush on. Rendam brush makeup kamu pada wadah yang berisi air hangat lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu letakkan sampo bayi pada telapk tangan dan gosokkan brush. Lalu, rendam kembali pada air hangat dan diamkan beberapa saat. Hal ini dilakukan agar brush makeup dapat bersih secara menyeluruh dan bulu-bulu halus brush menjadi lebih lembut dan bersih.    

6. Menggunakan Olive Oil

Cara lain untuk membersihkan brush makeup dengan menggunakan minyak zaitun. Apalagi untuk kamu yang suka menggunakan brush makeup kecil untuk gel eyeline, cara ini sangat cocok untuk membersihkan sisa eyeliner pada brush. Caranya mudah, cukup beri minyak zaitun pada ujung brush, lalu bilas dengan air sampai bersih. Kemudian serap air pada brush menggunakan handuk kecil atau tisu makan, lalu diamkan brush hingga kering.

Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung untuk membersihkan brush makeup kan. Kamu bisa mencoba 6 cara mudah membersihkan brush makeup yang sudah dijelaskan di atas. Selain bahan-bahannya mudah didapatkan, kamu tidak perlu banyak waktu untuk membuatnya. Selamat mencoba!

Last Updated on January 29, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *