Mencegah Penuaan Dini di Usia 20 Tahunan, Begini Tipsnya!

0
Diunggah 02 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mencegah Penuaan Dini di Usia 20 Tahunan, Begini Tipsnya!

Penuaan dini adalah salah satu hal yang ditakuti dan dihindari oleh perempuan, apalagi yang umurnya masih 20tahunan. Supaya kamu tidak khawatir lagi, ikuti beberapa cara mencegah penuaan dini di bawah ini!

Usia 20-an merupakan usia di mana kulit sedang berada dalam kondisi terbaiknya. Kamu telah melewati masa-masa kulit remaja yang sangat mudah mengalami breakout dan belum memasuki masa-masa kulit mulai mengalami penuaan. Mungkin kondisi kulitmu saat ini belum mengalami tanda penuaan pada kulit yang jelas. Namun, justru pada usia 20an inilah kamu perlu merawat kulit untuk mencegah munculnya penuaan dini di usia 20 tahunan. Apa saja sih tipsnya? Simak penjelasan cara mencegah penuaan dini di bawah ini.

1. Jangan Lupa Menggunakan Sunscreen

Dari semua krim anti penuaan dan perawatan, krim pelindung matahari adalah yang paling murah dan efektif untuk melindungi kulitmu. Penggunaan sunscreen dalam setahun adalah sebuah keharusan. Karena sinar matahari secara langsung ataupun terpapar melalui jendela dapat merusak struktur DNA kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Maka dari itu, sunscreen menjadi salah satu tahap terpenting dalam rutinitas skincare yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Pilihlah sunscreen yang ringan dan nyaman untuk digunakan seharian. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali apabila kamu sedang berkegiatan di luar ruangan. Jadi, mulai sekarang kamu harus membiasakan diri menggunakan SPF 30 agar kulitmu terhindar dari penuaan dini. Kamu bisa menggunakan The Great Shield Sunscreen dari Avoskin untuk memberi perlindungan maksimal pada kulit.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Selain dengan merawat kulit dari luar, perawatan kulit dari dalam juga tak kalah pentingnya. Salah satu cara yang paling efektif adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega 3. Omega 3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel-sel penting dalam tubuh termasuk sel kulit. Fungsi omega 3 ini untuk memperbaiki kinerja sel pada kulit agar bekerja dengan baik.

Asam lemak pada Omega 3 ini mampu menjaga kelembapan dan kekencangan sel kulit, maka kulitmu tidak akan kendur dan berkeriput. Dengan rutin mengonsumsi Omega 3, kemampuan kulit untuk mengikat cairan, menyamarkan kerutan, dan melembutkan kulit akan meningkat. Nah, kamu harus memenuhi kebutuhan Omega 3 dengan rajin mengonsumsi alpukat, salmon, chia seed, almond, dan minyak zaitun.

Baca Juga : Polluaging, Bahaya Polusi yang Menyebabkan Penuaan Dini

3. Hindari Makanan dan Minuman yang Tinggi Kadar Gula

Gula merupakan musuh alami dari kolagen. Kerutan, garis halus, dan kulit yang kendur merupakan dampak dari proses glycation, proses di mana molekul gula berlebih merekat pada serat kolagen dan membuatnya kehilangan kekuatan serta fleksibilitasnya. Hasilnya, kulit akan menjadi kurang elastis dan lebih rapuh terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Karena kulit menjadi lebih rapuh, keriput dan kulit kendur akan nampak semakin jelas pada kulit. Kalau tidak ingin hal ini terjadi, mulai sekarang kamu harus kurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi ya!

4. Aplikasikan Krim Mata Setiap Hari

Kulit di area sekitar mata merupakan area kulit yang mengalami penuaan paling dini. Hal ini disebabkan karena kebiasaan senyum, squinting, dan menggosok mata. Kebiasaan tersebut yang mempercepat kemunculan garis-garis halus pada sekitar mata. Maka dari itu, penting untuk menjaga area sekitar mata terhidrasi dan ternutrisi dengan baik. Dengan menggunakan krim mata pada usia 20 tahunan, kamu bisa mencegah dan mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada area sekitar mata. Kalau kamu masih berusia di awal 20, pilihlah krim mata yang bertekstur ringan dan memiliki tekstur gel. Pada usia akhir 20, sebaiknya kamu mulai menggunakan krim mata yang bersifat melembapkan dan memiliki kandungan aktif. Nah, kamu bisa coba Intensive Nourishing Eye Cream dari Avoskin untuk merawat kulit area mata.

5. Cegah Penuaan Dini dengan Miraculous Retinol Series

Perawatan kulit secara intensif dengan kandungan retinol perlu dilakukan sejak usia 20tahun. Dengan merawat kulit sejak dini, tentu saja kondisi kulit akan lebih sehat dan terawat yang menghindarkan kulit dari penuaan. Kandungan retinol ini memang secara khusus diformulasikan untuk mengatasi masalah penuaan dini pada kulit. Jadi, kamu bisa masukkan produk ini ke dalam skincare routine kamu ya!

Itu dia beberapa tips agar kulitmu terhindar dari penuaan dini di usia 20 tahunan. Dengan melakukan beberapa tips di atas pastinya kamu akan terhindar dari penuaan dini. Selamat mencoba!

Last Updated on June 12, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya