Tips Melakukan Eksfoliasi Wajah yang Aman, Gimana Caranya Sih?

0
Diunggah 17 September 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Tips Melakukan Eksfoliasi Wajah yang Aman, Gimana Caranya Sih?

Eksfoliasi wajah menjadi rutinitas perawatan kulit yang biasa dilakukan. Yuk, ย ikuti cara eksfoliasi wajah yang aman ini!

Salah satu perawatan rutin yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah eksfoliasi. Ada yang senang melakukannya sendiri atau melakukannya bersama dengan ahli dermatologis di klinik kecantikan. Semua hal itu tidak salah, tetapi kamu tetap perlu tahu cara aman atau hal apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan eksfoliasi, terutama jika kamu melakukannya sendiri di rumah. Yuk, cari tahu cara eksfoliasi wajah yang aman!

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Sebelum melakukan eksfoliasi wajah, sebaiknya kamu mencari tahu tipe kulit lebih dahulu. Jika kamu memiliki kulit sensitif, hindari melakukan eksfoliasi karena bisa membuat kulit iritasi. Selain kulit kering, pemilik kulit kering juga perlu mengurangi perawatan kulit dengan eksfoliasi. Jika kamu tetap ingin melakukan eksfoliasi kulit, kamu tetap bisa melakukannya dengan menggunakan produk eksfoliasi yang berbahan krim atau scrub wajah yang mengandung vitamin B5 untuk mencegah munculnya benjolan kecil di wajah.

2. Jangan Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Meskipun eksfoliasi memiliki banyak manfaat untuk kulit, sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan karena bisa memberi dampak buruk. Menurut beberapa studi, melakukan eksfoliasi kulit dengan scrub cukup dilakukan sekali (untuk kulit kering) atau dua kali (untuk kulit berminyak) dalam waktu satu minggu. Kalau kamu terlalu sering melakukan scrub akan membuat kulit wajah semakin tipis dan menyebabkan iritasi dan kemerahan.

3. Lakukan Eksfoliasi Saat Malam Hari Saja

Eksfoliasi kulit memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, jika kamu menggunakan produk berbahan exfoliant seperti kandungan AHA atau BHA, kulitmu menjadi lebih rentan pada sinar matahari. ย Agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan produk eksfoliasi saat malam hari sebelum tidur. Hal ini akan membuat kulitmu beristirahat dan memaksimalkan proses regenerasi sel kulit yang baru.

Baca Juga : Cara Memilih Produk Eksfoliasi yang Cocok untuk Kulit

4. Gunakan Produk Hidrasi Setelah Melakukan Eksfoliasi

Setelah selesai melakukan eksfoliasi, sebaiknya gunakan pelembap atau produk yang menghidrasi kulit wajah agar tidak kering. Kamu bisa menggunakan Intensive Divine Day Cream dari Avoskin sebagai pelembap yang cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan essence yang menghidrasi seperti Perfect Hydrating Treatment Essence untuk menjaga hidrasi kulit dan meminimalisir iritasi yang disebabkan oleh produk eksfoliasi.

5. Gunakan Sunscreen di Siang Hari

Setelah melakukan eksfoliasi di malam hari, kamu wajib menggunakan sunscreen pada siang harinya. Karena, kulit wajahmu lebih sensitif pada sinar matahari setelah menggunakan kandungan exfoliant. Maka dari itu, perlindungan dari sunscreen ini akan meminimalisir gejala iritasi pada kulitmu.

6. Hindari Produk Eksfoliasi yang Menyebabkan Iritasi

Produk eksfoliasi bisa berasal dari banyak bahan mulai dari kacang-kacangan sampai dengan ekstrak apel. Pastikan kamu tidak memilih produk dengan bahan yang terlalu keras agar tidak melukai kulit. Sebagai rekomendasi kamu bisa menggunakan gentle exfoliant dengan kandungan lactic acid dan asam laktat. Nah, produk yang bisa kamu coba adalah Avoksin YSB Serum Lactic Acid dan Avoskin YSB Serum Salicylic acid. Bila kamu memiliki kondisi wajah yang cenderung kering, maka produk yang sesuai adalah Avoskin YSB Serum Lactic Acid. Sebaliknya, Avoskin YSB Serum Salicylic Acid akan cocok digunakan untuk kulit wajah berminyak.

Last Updated on July 28, 2022

Tags Terkait

#eksfoliasi
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 September 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya