Benarkah Kandungan Parfum dalam Skincare Berbahaya? Simak Penjelasannya!

Healthy Skin - rustaviani - May 28, 2020

Parfum/pewangi memang sudah biasa digunakan sebagai bahan produk kecantikan mau itu alami ataupun sintetis. Jenis pewangi yang digunakan pun sangat beragam, mulai pewangi buatan dari bahan kimia dan juga pewangi alami dan penggunaan essential oil.  Namun, beberapa orang beranggapan bahwa kandungan parfum dalam skincare itu berbahaya. Padahal, tidak semua jenis parfum itu berbahaya bahkan ada yang dibutuhkan untuk kulit. Jadi, untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini sampai selesai ya!

1. Bahaya Pewangi Buatan dalam Produk Skincare

Penggunaan pewangi buatan sesekali tidaklah berbahaya, tetapi apabila kandungan tersebut ada dalam skincare yang kamu gunakan setiap hari, lama kelamaan akan menimbulkan reaksi negatif pada kulitmu. Pewangi buatan dibuat dari kurang lebih 3000 bahan kimia yang tidak semuanya sudah diteliti aman bagi kulit atau tidak. Bagi kamu yang berkulit sensitif, pewangi buatan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit serta timbulnya jerawat. Bahkan mereka yang memiliki alergi pada kandungan kimia parfum akan timbul peradangan, gatal-gatal, hingga gangguan pernapasan.

Untuk kulit yang tidak menunjukkan reaksi negatif saat menggunakan skincare mengandung parfum bukan berarti aman. Kamu mungkin tidak melihat ada kerusakan pada permukaan kulitmu, tapi ini bisa terjadi secara perlahan setiap harinya lalu menyebabkan masalah pada kulitmu. Efek pemakaian bahan kimia secara terus menerus akan menumpuk di permukaan kulit lalu menimbulkan peradangan kulit.

2. Kandungan Pewangi Alami yang Aman untuk Skincare

Kandungan bahan alami memang baik untuk kulit, tetapi tidak semua pewangi alami yang dipakai pada skincare itu aman. Karena produk skincare menambahkan aroma berbahan alami melalui sistem penguapan. Nah, dalam sistem ini sebagian kandungan menjadi reaktif serta dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Kalau kamu ingin menggunakan skincare yang mengandung pewangi, pilihlah bahan yang tidak mengiritasi kulit seperti melon, vanila, aloe vera, mangga, kelapa, cocoa butter, shea butter, dan mentimun. Bahan pewangi lainnya seperti lavender oil, ekstrak bunga mawar, buah citrus (lemon dan jeruk), peppermint dan spearmint, serta kayu manis juga baik untuk kulit karena jarang sekali menimbulkan iritasi.

Bahan-bahan seperti aloe vera, shea butter, peppermint, serta kayu manis memiliki manfaat tersendiri untuk kulit. Kamu bisa menemukan manfaat bahan pewangi alami tersebut pada produk-produk Avoskin. Bahan-bahan yang terkandung di setiap produknya memberi kelembapan dan nutrisi untuk kulitmu serta tidak menimbulkan iritasi. Hasilnya, kulit idaman bisa kamu dapatkan tanpa bau tidak sedap dari produk tersebut.

3. Pentingnya Penggunaan Parfum pada Skincare

Kamu sering bertanya-tanya kenapa banyak produk menggunakan parfum? Ini karena kebanyakan orang lebih senang ketika produk skincare mereka berbau harum. Perusahaan kecantikan paham akan hal ini, produk yang harum mampu menyenangkan konsumen dan ini mempengaruhi daya beli konsumen. Alasan lainnya karena produk yang tidak menggunakan parfum mengeluarkan bau yang tidak enak, jadi penggunaan parfum pada produk skincare akan menyamarkan bau asli produk tersebut.

Memberi parfum pada produk juga membantu menyamarkan bau tidak enak pada skincare yang dikemas dalam botol ketika disimpan terlalu lama, terutama produk yang berbahan alami. Kemasan dalam botol ini menyebabkan bahan membusuk lebih cepat karena setelah kamu membukanya bahan-bahan alami tersebut terkena udara dan bakteri dari jarimu. Maka, skincare di dalam botol tersebut akan terkontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan bau tidak enak. Nah, parfum yang terkandung dalam skincare ini akan menyamarkan bau tidak sedap tersebut.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *