Tips untuk Tetap Bersemangat Bekerja Saat Puasa

0
Diunggah 14 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Tips untuk Tetap Bersemangat Bekerja Saat Puasa

Puasa memang membuat badan menjadi kurang bersemangat. Nah, ini ada tips semangat kerja saat puasa yang bisa kamu lakukan.

Terkadang bekerja saat bulan puasa memang membuat kurang bersemangat karena perut terasa lapar. Suasana kantor yang dingin ditambah perut kosong pasti membuat ingin tidur. Namun, jangan jadikan bulan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Agar kamu tetap semangat, yuk ikuti beberapa tips semangat kerja saat puasa di bawah ini!

1. Waktu Tidur yang Cukup

Untuk menghindari rasa kantuk yang berlebihan, kamu harus tidur yang cukup di malam hari. Sebaiknya kamu jangan begadang karena waktu tidur akan terpotong untuk sahur. Lebih baik kamu majukan jam tidur agar waktu tidurmu tercukupi. Kalau rasa kantukmu tidak tertahankan, kamu bisa tidur dengan cara power nap selama 10 menit. Energi akan kembali lagi dan tetap semangat untuk bekerja.

2. Porsi Makan Saat Sahur Tercukupi

Ketika kamu sahur dan berbuka puasa, kamu sedang mengisi energi. Namun, bukan berarti porsi makanan yang kamu ambil harus berlebihan. Saat sahur, makan secukupnya saja karena makan berlebihan akan membuat kamu mengantuk dan lemas. Pilihlah menu yang seimbang seperti karbohidrat, protein, dan serat, Makanan yang mengandung serat ini akan membantumu menahan rasa lapar. Jadi perbanyak konsumsi sayur dan buah.

3. Hindari Kafein Selama Berpuasa

Saat hari biasa mungkin saja kafein bisa berfungsi sebagai dopping untuk menambah kesegaran tubuh terutama saat mengantuk. Namun, di bulan puasa kamu perlu menghindari konsumsi kafein saat buka puasa dan sahur karena dapat melukai lambung dan menyebabkan sakit. Jadi, pastikan kamu bekerja selama bulan puasa tidak mengonsumsi kafein saat sahur.

4. Sibukkan Diri dengan Pekerjaan

Agar waktu puasa tidak terlalu terasa, kamu bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan. Ketika kamu fokus bekerja, waktu akan terasa cepat berlalu. Pekerjaan akan cepat selesai dan waktu puasa tidak terasa. Jangan sampai kamu terlalu malas dan pekerjaan yang terbengkalai semakin menumpuk.

Baca Juga : Kurangi Konsumsi Makanan ini Agar Terhindar dari Peningkatan Asam Lambung Selama Berpuasa

5. Berinteraksi dengan Rekan Kerja atau Teman

Tidak ada salahnya untuk menyegarkan pikiran dengan berbagi cerita atau bercanda dengan teman kantor di sela-sela pekerjaan. Hal ini akan membantu untuk kembali berenergi saat puasa. Namun, kamu juga perlu melihat situasi, jangan sampai teman sedang sibuk bekerja jadi fokusnya karena kamu ajak bicara. Berinteraksi dengan teman sekantor juga bisa meningkatkan nilai sosial kamu di kantor loh!

6. Lakukan Aktivitas Lain Saat Istirahat Kerja

Kamu bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk aktivitas yang menyegarkan saat bulan puasa. Melakukan olahraga ringan dapat membuat tubuhmu terasa segar dan rileks.. Kamu juga bisa coba berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor untuk menggerakkan badan. Kalau kantormu juga memiliki fasilitas seperti billiard, tv, atau video game, kamu bisa memanfaatkannya untuk refreshing. Dengan ini kamu akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

7. Kurangi Aktivitas yang Melelahkan

Selain pekerjaan, sebaiknya kamu juga mengurangi aktivitas yang berlebihan saat puasa. Banyak aktivitas yang menguras energi akan membuat tubuh cepat lelah dan merasa lapar serta haus. Hal ini tentu saja akan membuat puasa terganggu. Jadi, kurangi aktivitas yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa.

Beberapa tips di atas bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi rasa kantukmu saat bekerja, Sahabat AVO. Berpuasa bukan alasan untuk bermalas-malasan ya. Yuk, tetap semangat kerja meskipun berpuasa!

Last Updated on April 21, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 14 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya